Didong adalah sebuah kesenian
rakyat Gayo yang memadukan unsur tari, vokal, dan sastra. Didong
dimulai sejak zaman Reje Linge XIII. Salah seorang seniman yang peduli pada
kesenian ini adalah Abdul Kadir To`et. Kesenian didong lebih
digemari oleh masyarakat Takengon dan Bener Meriah.
Ada yang berpendapat bahwa kata “didong” mendekati
pengertian kata “denang” atau “donang” yang artinya “nyanyian sambil bekerja
atau untuk menghibur hati atau bersama-sama dengan bunyi-bunyian”. Dan, ada
pula yang berpendapat bahwa Didong berasal dari kata “din” dan “dong”. “Din”
berarti Agama dan “dong” berarti Dakwah.
Fungsi
Pada awalnya didong digunakan sebagai sarana bagi
penyebaran agama Islam melalui media syair. Para ceh
didong (seniman didong) tidak semata-mata menyampaikan tutur kepada penonton
yang dibalut dengan nilai-nilai estetika, melainkan di dalamnya bertujuan agar
masyarakat pendengarnya dapat memaknai hidup sesuai dengan realitas akan
kehidupan para Nabi dan tokoh yang sesuai dengan Islam. Dalam didong ada
nilai-nilai religius, nilai-nilai keindahan, nilai-nilai kebersamaan dan lain
sebagainya. Jadi, dalam ber-didong para ceh tidak hanya dituntut untuk mampu
mengenal cerita-cerita religius tetapi juga bersyair, memiliki suara yang merdu
serta berperilaku baik. Pendek kata, seorang ceh adalah seorang seniman sejati
yang memiliki kelebihan di segala aspek yang berkaitan dengan fungsinya untuk
menyebarkan ajaran Islam. Didong waktu itu selalu dipentaskan pada hari-hari
besar Agama
Islam.
Perkembangan
Dalam perkembangannya, didong tidak hanya ditampilkan pada hari-hari besar agama Islam, melainkan juga dalam upacara-upacara adat seperti perkawinan, khitanan, mendirikan rumah, panen raya, penyambutan tamu dan sebagainya. Para pe-didong dalam mementaskannya biasanya memilih tema yang sesuai dengan upacara yang diselenggarakan. Pada upacara perkawinan misalnya, akan disampaikan teka-teki yang berkisar pada aturan adat perkawinan. Dengan demikian, seorang pe-didong harus menguasai secara mendalam tentang seluk beluk adat perkawinan. Dengan cara demikian pengetahuan masyarakat tentang adat dapat terus terpelihara. Nilai-nilai yang hampir punah akan dicari kembali oleh para ceh untuk keperluan kesenian didong.
Penampilan didong mengalami perubahan setelah Jepang masuk ke Indonesia. Sikap
pemerintah Jepang yang keras telah “memporak-porandakan” bentuk kesenian ini. Pada masa itu,
didong digunakan sebagai sarana hiburan bagi tentara Jepang yang menduduki tanah Gayo. Hal ini
memberikan inspirasi bagi masyarakat Gayo untuk mengembangkan didong yang
syairnya tidak hanya terpaku kepada hal-hal religius dan adat-istiadat, tetapi
juga permasalahan sosial yang bernada protes terhadap kekuasaan penjajah
Jepang. Pada masa setelah proklamasi, seni pertunjukan didong dijadikan sebagai
sarana bagi pemerintah dalam menjembatani informasi hingga ke desa-desa
khususnya dalam menjelaskan tentang Pancasila, UUD 1945 dan semangat bela negara. Selain itu,
didong juga digunakan untuk mengembangkan semangat kegotong-royongan, khususnya
untuk mencari dana guna membangun gedung sekolah, madrasah, mesjid, bahkan juga
pembangunan jembatan. Namun, pada periode 1950-an ketika terjadi pergolakan DI/TII kesenian didong terhenti karena dilarang oleh DI/TII. Akibat
dilarangnya didong, maka muncul suatu kesenian baru yang disebut saer, yang
bentuknya hampir mirip dengan didong. Perbedaan didong denga saer hanya dalam
bentuk unsur gerak dan tari. Tepukan tangan yang merupakan unsur penting dalam
didong tidak dibenarkan dalam saer.
Dewasa ini didong muncul kembali dengan lirik-lirik
yang hampir sama ketika zaman Jepang, yaitu berupa
protes (anti kekerasan). Bedanya, dewasa ini protesnya ditujukan kepada pemerintah yang selama sekian tahun menerapkan Aceh sebagai Daerah Operasi Militer, sehingga menyengsarakan
rakyat. Protes anti kekerasan sebenarnya bukan hanya terjadi pada kesenian
didong, melainkan juga pada bentuk-bentuk kesenian lain yang ada di Aceh.
Syair didong
Ama (Ayah
Ama Inë
Ini Pongotni gayo inë
Kute takengen besilo nge musarik
Ulahni politik jema si jago - jago
Bier pe i dusun bier pe isi lëngkik
Laingni kékék numé makin gurë inë…
Ini Pongotni gayo inë
Kute takengen besilo nge musarik
Ulahni politik jema si jago - jago
Bier pe i dusun bier pe isi lëngkik
Laingni kékék numé makin gurë inë…
Geré Né aman Rakyat ngé usik
Mukim orom Gecik ke meh mukelö
Reje orom imem si musasat sidik
Bewene panik lagu cekakni benno inë…
Mukim orom Gecik ke meh mukelö
Reje orom imem si musasat sidik
Bewene panik lagu cekakni benno inë…
Beluhni Nyawa gere neh tékëk
Ara bercengkék ara si berdere inë…
Dup Meta mara gere ara si macik
Sempat ilen kedek pemimpin ni jewe iné…
Ara bercengkék ara si berdere inë…
Dup Meta mara gere ara si macik
Sempat ilen kedek pemimpin ni jewe iné…
Dop ara pe jeda mantong ilen mangik
umpama ni senik nge mujadi bute
Ara pe reta gere neh terdedek
Nge roloh mutik kupi pantan sile inë…
umpama ni senik nge mujadi bute
Ara pe reta gere neh terdedek
Nge roloh mutik kupi pantan sile inë…
Ama….. Bayak bajungku inë…
Enge emeh merke jema si lisik
dele nge mu teldek kuren tembege inë…
Taring murense umah jamur unik
Kering nge repek ko supu serule inë…
Enge emeh merke jema si lisik
dele nge mu teldek kuren tembege inë…
Taring murense umah jamur unik
Kering nge repek ko supu serule inë…
Yatim pe delë simen anak merek
Mongot orom kedek enge meh musede
Iwan atewe nge lagu si sewek
Gere ke macik ko musara Gayo inë…
Mongot orom kedek enge meh musede
Iwan atewe nge lagu si sewek
Gere ke macik ko musara Gayo inë…
Ama..aaaa Ini pongotni gayo iné…
Ike kite engon sentan kite telek
Si tukang angik kara pihak ketige inë…
Akal iyayon kati rusak rasik
Sampe bersenik jema sara inë inë…
Ike kite engon sentan kite telek
Si tukang angik kara pihak ketige inë…
Akal iyayon kati rusak rasik
Sampe bersenik jema sara inë inë…
Kalang iatas terbang puke kelik
Kurek orom itik i tuyuh nge cico inë…
Gere meteh lewen sahen si dedek
Bier pe ama ecek renye i pekaro inë…
Kurek orom itik i tuyuh nge cico inë…
Gere meteh lewen sahen si dedek
Bier pe ama ecek renye i pekaro inë…
Munyenoh ken ulu ulahni si cerdik
Parok i pantik nyenohi ken Rejë ama …ooo
Rakyat si ogoh sabe kona pecek
Gere meteh ujung ralik si munangung risiko inë…
Parok i pantik nyenohi ken Rejë ama …ooo
Rakyat si ogoh sabe kona pecek
Gere meteh ujung ralik si munangung risiko inë…
Sentan kite timang orom kite balik
Pongot orom kedik nge meh musede
ikeruhni berawang le jema munekik
Enge osop sampik emut si munire inë…
Pongot orom kedik nge meh musede
ikeruhni berawang le jema munekik
Enge osop sampik emut si munire inë…
Ama…aaaaaaa Bayakku inë…eee
Wooo inë ee..ee..eeee
Wooo inë ee..ee..eeee
Itetahmi cara boh ulaken ku ralik
Enti neh mupésék ko kerawang Gayo
Kati teduh mara kati rede sonek
Tekaren si kotek tengkamen si mulie inë…
Enti neh mupésék ko kerawang Gayo
Kati teduh mara kati rede sonek
Tekaren si kotek tengkamen si mulie inë…
Ike masih ara ilén sifét si sérék
Lebah orom unik tetap we berdéwë inë…
Amaten agama edet pe iolek
Oya baru mersik kao urang gayo inë…
Lebah orom unik tetap we berdéwë inë…
Amaten agama edet pe iolek
Oya baru mersik kao urang gayo inë…
Agih ni agih mongot bersebuku
Sampon ko lauh mujaril ari mata
Sampon ko lauh mujaril ari mata
Ceh
Para ceh yang turut berjasa mengembangkan dan
melestarikan didong di tanah Gayo 'diantaranya adalah: Ceh Tjuh Ucak, Basir Lakkiki Abd. Rauf, Ecek Bahim, Sali Gobal, Daman, Idris Sidang Temas, Sebi, Utih Srasah, Beik, Tabrani, Genincis, S. Kilang, Ibrahim Kadir, Mahlil, Bantacut, Dasa, Ceh Ucak, Suwt, Talep, Aman Cut, Abu Kasim, Syeh Midin, M. Din, Abu Bakar Gayo, Ishak Ali / Ceh Sahaq, Aris Teruna Jaya, Tirmino Jaya, Mahlil Lewa, Dan Ceh kucak Kabri Wali, Yang Begitu Dikenal Dikalangan
Masyarakat Gayo.
Pemain dan peralatan
Satu kelompok kesenian didong biasanya terdiri dari
para “ceh” dan anggota lainnya yang disebut dengan “penunung”. Jumlahnya dapat
mencapai 30 orang, yang terdiri atas 4--5 orang ceh dan sisanya adalah
penunung. Ceh adalah orang yang dituntut memiliki bakat yang komplet dan
mempunyai kreativitas yang tinggi. Ia harus mampu menciptakan puisi-puisi dan
mampu menyanyi. Penguasaan terhadap lagu-lagu juga diperlukan karena satu lagu
belum tentu cocok dengan karya sastra yang berbeda. Anggota kelompok didong ini
umumnya adalah laki-laki dewasa. Namun, dewasa ini ada juga yang anggotanya
perempuan-perempuan dewasa. Selain itu, ada juga kelompok remaja. Malahan, ada
juga kelompok didong remaja yang campur (laki-laki dan perempuan). Dalam
kelompok campuran ini biasanya perempuan hanya terbatas sebagai seorang Céh. Peralatan yang dipergunakan pada mulanya bantal
(tepukan bantal) dan tangan (tepukan tangan dari para pemainnya). Namun, dalam
perkembangan selanjutnya ada juga yang menggunakan seruling, harmonika, dan
alat musik lainnya yang disisipi dengan gerak pengiring yang relatif sederhana,
yaitu menggerakkan badan ke depan atau ke samping.
Pementasan
Pementasan didong ditandai dengan penampilan dua kelompok (Didong Jalu) pada suatu arena pertandingan.
Biasanya dipentaskan di tempat terbuka yang kadang-kadang dilengkapi dengan
tenda. Semalam suntuk kelompok yang bertanding akan saling mendendangkan
teka-teki dan menjawabnya secara bergiliran. Dalam hal ini para senimannya akan
saling membalas “serangan” berupa lirik yang dilontarkan olah lawannya.
Lirik-lirik yang disampaikan biasanya bertema tentang pendidikan, keluarga
berencana, pesan pemerintah (pada zaman Orba), keindahan alam maupun
kritik-kritik mengenai kelemahan, kepincangan yang terjadi dalam masyarakat.
Benar atau tidaknya jawaban akan dinilai oleh tim juri yang ada, yang biasanya
terdiri dari anggota masyarakat yang memahami ddidong ini secara mendalam
Bacaan lanjutan
·
Puisi Didong Gayo (Balai Pustaka 2006)
·
Tim Koordinasi Siaran Direktorat Jenderal Kebudayaan, 1988. Aneka Ragam
Hkasanah Budaya Nusantara I. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
·
Tim Koordinasi Siaran Direktorat Jenderal Kebudayaan, 1996. Aneka Ragam
Hkasanah Budaya Nusantara VII. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Pranala luar
- (Indonesia) Mendekatkan Roh Didong Gayo
- (Indonesia) Didong "Jalu" Semalam Suntuk
- (Aceh) Kolaborasi Didong dan Saman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar